Hubungi Saya

Saturday, August 5, 2017

Biar Tagihan Listrik gak Meledak

"Listrik Mahal Banget Sekarang"

Sering banget denger kalimat itu akhir-akhir ini. Apalagi seputaran bulan puasa dan lebaran kemarin, hampir setiap ketemu orang ngomongin biaya listrik yang naik banyak.
Penasaran dong apa sih yang sebenernya terjadi, akhirnya cari-cari info dan ketemulah berbagai informasi yang menyebutkan bahwa Pemerintah menetapkan untuk mencabut subsidi listrik untuk beberapa golongan dan tetap mensubsidi listrik untuk golongan yang membutuhkan.

Gak sempet ikutan kesel dan menghujat Pemerintah, karena suami menentramkan dengan kalimat-kalimatnya yang bikin adem hahahaha ..
Intinya ya jika memang kita udah gak dapet subsidi listrik, artinya kita termasuk golongan yang mampu. Ya mudah-mudahan aja beneran tujuan baik nya untuk dialihkan ke yang lebih berhak berjalan dengan baik, kalo gak bener biar aja jadi tanggung jawab mereka di depan Tuhan.

Satu-satunya jalan biar pengeluaran listrik bulanan gak meledak ya marii kita berhemat. Sejauh ini sih setelah beberapa bulan berjalan sejak dihapusnya subsidi itu, tagihan listrik di rumah aman terkendali.
Jadi ya akhir tahun kemarin tuh, kondisi rumah masih satu lantai dengan luas kurleb 45 m2, dengan pemakaian rutin AC 1 biji, Kulkas 2 pintu, Kipas Angin 2 biji, Pompa Air, Setrika, Mesin Cuci plus Hair Dryer dan Penyedot Debu yang seminggu sekali dipakai. Pengeluaran Listrik sebulannya sekitar 400 - 500 ribu rupiah.
Trus karena mau renovasi rumah total, kita pindah deh ke rumah kontrakan selama 6 bulan.
Sekarang udah 3 bulan kita menempati rumah baru yang kondisinya udah 2 lantai luas 100 m2, dimana harusnya dengan luas ruangan yang 2x lipat dari sebelumya pemakaian listrik pasti meningkat drastis.
Tapi Alhamdulillah bangetttt, 3 bulan ini tagihan listriknya belum pernah lebih dari 500 ribu.

Dan sepertinya tagihan listriknya gak meledak karena melakukan ini nih :

  1. Ganti semua lampu dengan LED dan pisah saklar sesuai kebutuhan, jadi pas nyalain gak langsung nyalain semua lampu. Contohnya nih di kamar tidur utama aja ada 3 saklar, 1 buat downlight sisi kiri 1 buat downlight sisi kanan dan satunya buat nyalain lampu tengah yang besar. Nyatanya, yang paling sering kita nyalain hanya satu saklar untuk downlight sisi kiri aja, nyalain 2 saklar atau 3 saklar hanya pas kondisi tertentu yang butuh penerangan terang dan itu jaranggggg banget.
  2. Bikin Jadwal Cuci Baju dan Setrika, tidak perlu setiap hari nyalain mesin cuci dan setrikaan. Yang aku bikin kemarin masing-masing Seminggu 2 - 3 X.
  3. Hindari Menggunakan Alat-Alat Listrik pada jam 17.00 - 22.00 WIB, karena di jam tersebut adalah peak session sehingga biaya listrik pada jam segitu lebih mahal dari biasanya.
  4. Selalu Cabut Kabel Colokan Setelah Dipakai, yang sering tidak di sadari adalah pas nge charge gadget setelah penuh yang di cabut gadgetnya aja tanpa cabut chargernya.
  5. Gunain AC pake Timer, terutama pada waktu tidur biasanya dengan AC Nyala 3 - 4 jam aja itu udah cukup membuat dingin ruangan sehingga gak perlu nyalain Ac terus terusan.
  6. Bijak dalam Pemakaian TV & Kulkas, Dulu nih seringgg banget kita nyalain TV hanya untuk di dengerin suaranya buat nemenin gitu, sekarang kalo emang gak mau nonton gambarnya juga langsung matiin. Ganti suara dengerin lewat radio atau hape. 
Baru poin-poin ini sih yang dilakuin di rumah, mudahmudahan setelah ini nemu tips-tips hemat listrik lagi deh. 





No comments:

Post a Comment